ISO (Islamic Scientific Olimpiade)

OLIMPIADE SAINS” REGIONAL X
TINGKAT SISWA SMA/SMK/MA SE-DERAJAT
MIPA EXPO VIII UNIVERSITAS RIAU

BIDANG OLIMPIADE
ISO


Mekanisme Lomba Olimpiade Komputer

1. Penyisihan (Seleksi Tingkat Wilayah).
    Penyisihan dilakukan pada 16 Februari 2014 yang bersifat tes tertulis. Mekanisme penentuan peserta yang berhak untuk mengikuti tahap semifinal, yaitu:
  • Peserta yang lulus passing grade.
  • Jika passing grade tidak terpenuhi, maka akan diambil peserta rangking 3 teratas tiap titik pelaksanaan ujian seleksi.
  • Passing grade untuk tahap seleksi tingkat wilayah adalah 60.
   Adapun ketentuan umum lainnya disesuaikan dengan aturan umum yang ditetapkan oleh panitia Lomba “Olimpiade Sains” MIPA EXPO VIII. Ketentuan Khususnya adalah sebagai berikut :
  • Peserta berpakaian rapi dan sopan (seragam sekolah).
  • Setiap peserta yang mengikuti lomba ISO, harus membuat sebuah makalah dengan tema “Ilmu Sains dalam Al-Quran”.
  • Nilai untuk ujian seleksi tingkat wilayah merupakan 80 % dari nilai ujian tertulis, dan 20 % lagi diambil dari penilaian makalah peserta.
  • Ketentuan Penulisan Makalah : 
    -Halaman muka (Cover) 
    -Lembar pengesahan
    - Kata pengantar: Kata pengantar dari penulis, termasuk ucapan terima kasih.
    -Daftar isi : Berisi daftar isi dan daftar lain yang diperlukan, seperti daftar gambar, daftar tabel dan lampiran.
  • Pendahuluan
    Latar Belakang yang berisi tentang alasan dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, mengandung pertanyaan yang akan dijawab oleh penulis, tujuan dan manfaat yang ingin dicapai, dan batasan masalah
  • Landasan teori
    Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pemecahan. masalah yang pernah dilakukan. Diutamakan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Al-Hadist.
  • Pembahasan
    Berisi uraian dan analisis permasalahan yang didasarkan pada data dan informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan kesimpulan dan saran.
  • Daftar pustaka
  • Daftar riwayat hidup (CV) 
  • Lampiran (Jika Ada)

2. Semifinal 

    Pada tahap semifinal peserta akan diberikan 3 jenis penilaian, yaitu terdiri dari tes    soal tertulis, tes membuat essai dan penilaian dari makalah peserta. Berikut     ketentuanya:
  1. Tes Soal tertulis terdiri dari  Pilihan Berganda sebanyak 20 buah dan Isian 5 buah. 
  2. Mengikuti tes Essai yang temanya ditentukan oleh panitia penyelenggara pada waktu pelaksanaanya.
  3. Penilaian dari karya tulis yang telah dibuat oleh peserta.
  4. Bobot untuk penilaian terdiri dari tes Soal Tertulis  50 %, tes Essai 30% dan penilaian Makalah  20%. (Lihat juga bagian Penilaian Makalah!) 
  5. Penilaian keseluruhan merupakan akumulasi dari hasil seluruh tes.
  6. Pada tahap semifinal akan diambil 16 besar dari seluruh peserta ISO dengan perolehan nilai tertinggi untuk melanjutkan ke tahap final.
Mekanisme waktu tes
    Tes tertulis diadakan pada pukul 09.00-10.00 WIB dan diberi waktu jeda 5 menit. selanjutnya peserta mengikuti tes membuat esai pukul 10.05-11.00 WIB di ruangan yang sama. Peserta akan dibagi menjadi dua kelompok dan menempati ruang yang berbeda (mengikuti tes Tertulis dan tes Essai secara paralel).
Ketentuan Makalah:
1. Makalah harus hasil karya peserta sendiri, belum pernah dipublikasikan atau ditampilkan sebelumnya.

2. Tema untuk Makalah adalah “Ilmu Sains dalam Al-Qur’an: Reformasi Ilmu Sains dalam Pandangan Islami”. Dan setiap peserta boleh memilih salah satu dari subtema berikut:

a.  Penerapan Teknologi Rekayasa Genetika.
Analisis Anda mengenai penerapan teknologi rekayasa genetika yang terjadi saat ini. Sudahkah sesuai dengan hukum syariah Islam? Apa dasar pembenarannya? Seberapa besar manfaatnya bagi kehidupan manusia? Disarankan Anda membatasi topik dan analisis Anda pada kasus-kasus tertentu saja. Contoh kasus, bayi tabung, tanaman trasngenetik atau topik-topik lain yang relevan. Contoh judul makalah yang relevan: Tanaman Transgenetik: Halal atau Haram?, dsb.

b.  Perubahan Kesiimbangan Ekologi dan Energi.
Analisis Anda berdasarkan dalil Al-Qura’an, Al-Hadist atau referensi ilmiah yang relevan dengan permasalahan kerusakan alam yang merupakan dampak dari perubahan keseimbangan ekologis, baik abiotik maupun biotik. Atau bencana krisis energi saa ini. Apa penyebabnya? Mengapa krisis energi dapat terjadi. Dampak-dampak apa saja yang ditimbulkan? Dan solusi apa yang dapat mengatasinya? Secara khusus, bukankah Allah telah melarang berbuat kerusakan di muka bumi? Dianjurkan Anda membatasi topik dan analisis pembahasan Anda pada hal-hal yang mudah menurut Anda. Contoh topik yang relevan adalah kasus banjir di suatu wilayah, kasus kemarau yang berkepanjangan di suatu wilayah dan hilangnya populasi hewan atau tumbuhan tertentu atau krisis energi global. Contoh judul yang relevan: Bencana Banjir sebagai Peringatan untuk Manusia, Menyingkap Penyebab Krisis Energi  dsb.

c.  Pengembalian Ilmu Sains pada Akarnya.
Sudah disadari bahwa penggunaan ilmu sains telah banyak mengubah peradaban dunia, mulai dari kemudayaan, cara berkomunikasi, hingga sistem kemiliteran. Namun, apakah penggunaan hasil penerapan ilmu sains ini yang membawa manfaat bagi manusia sudah diperlakukian secara benar? Bagaimana seharusnya ilmu sains diterapkan? Kemukakan pendangan Anda melalui kajian dan analisis berdasarkan pandangan Islami. Contoh permasalahan yang relevan adalah Penggunaan teknologi nuklir dan senjata pemusnah massal. Contoh judul makalah yang relevan: Ilmu Biologi untuk Membenarkan Kebesaran Allah, Penerapan Teknologi Nuklir untuk Kesejahteraan Manusia, dsb.

3. Isi makalah harus mencakup:
  1. Latar belakang yang mendasari Anda mengemukaan ide atau permasalahannya, serta batasan dan tujuan penulisan makalah Anda.
  2. Kajian, dalil, dan referensi ilmiah yang mendukung ide dan pembahasan Anda.
  3. Analisis Anda terhadap persoalan yang kemukakan.
  4. Solusi  yang Anda ajukan.
4.  Bentuk penulisan dan format makalah dapat dillihat pada bagian Penulisan Makalah.
 
5. Jika panitia menemukan kecurangan yang dilakuakan peserta, maka peserta akan di diskualifikasi dari perlombaan.

Ketentuan Penulisan Essai :
        Ketentuan penulisan Esai adalah sebagai berikut:
  1. Pendahuluan: Berisi motivasi Anda menuliskan Essai ini dan mengikuti Perlombaan Islamic Science Olympiad yang kami selenggarakan. Ceritakan juga tentang usaha atau kiat-kiat Anda hingg dapat mencapai tahap Semi Final ISO.
  2. Isi: Uraikan semua ide-ide Anda secara detail berdasarkan Topik/judul yang telah ditentukan secara koprehensif, jelas dan logis. Dan tarik sebuah kesimpulan dari seluruh uraian yang telah Anda susun. Untuk bagian isi ini kami membatasi jumlah katanya maksimal 500 kata. 
  3. Persantunan (Jika perlu): Berisi ucapan terimakasih Anda kepada guru pembibing Anda, kerabat atau sahabat-sahabat Anda. Kemukakan juga penyampaian-penyampaian aspiratif Anda terhadap pelaksanaan ISO tahun ini.
  4. Bobot penilaian Essai: Pendahuluan 25 %, Isi 70% dan Persantunan 5%. 

3. Final 
Final dilakukan di FMIPA Universitas Riau Pekanbaru pada 14 Maret 2014. Tahap ini peserta mempresentasikan makalah yang telah dipersiapkan pada tahap penyisihan, dengan bobot penilaian:
  1. Isi makalah.
  2. Penguasaan materi.
  3. Cara komunikasi / penyampaian.

Tahap final di ambil 6 besar sebagai juara olimpiade sains, yaitu: Juara 1, 2, dan 3, Harapan 1, 2 dan 3.


Materi Lomba “ISO”
1. Islam dalam ilmu Matematika
2. Islam dalam ilmu Fisika
3. Islam dalam ilmu Kimia
4. Islam dalam ilmu Biologi
5. Islam dalam ilmu Astronomi
Deklarasi Pemenang
    1. Penyisihan (Seleksi Tingkat Wilayah)
Pada tahap ini, tidak ada batasan jumlah peserta. Peserta yang berhak lolos ke tahap semifinal adalah peserta yang mencapai passing grade yang telah ditentukan oleh panitia. Apabila pada titik pelaksanaan ujian seleksi tingkat wilayah tidak ada peserta yang mencapai passing grade, maka akan diambil 3 peserta yang memiliki nilai tertinggi. Setiap peserta pada tahap ini, berhak mendapatkan al-matsurat.
    1. Semifinal
Pada tahap semifinal akan diambil 15 besar peserta yang berhak untuk mengikuti tahap final. Pada tahap ini, peserta berhak mendapatkan CD Murathal Al-Quran 30 Juz.
    1. Final
Pada tahap final akan diambil 6 besar sebagai juara, yaitu: juara 1, 2, dan 3, harapan 1, 2, dan 3. Pada tahap ini, semua finalis berhak mendapatkan Buku Hadits Ar-Ba’in. Dan bagi juara, juga akan diberikan Al-Qur’an dan terjemahannya.

*Keterangan : Aturan lain yang tidak tertera sebagaimana di atas, diatur dalam aturan umum yang ditetapkan oleh Panitia “Olimpiade Sains” MIPA EXPO VIII Universitas Riau.
CP Info: Samsul Arifin ~ 0823 6667 2822
Copyright © 2017