Lomba Karya Tulis Ilmiah

PANDUAN LOMBA KARYA TULIS ILMIAH
TINGKAT MAHASISWA
MIPA EXPO VIII UNIVERSITAS RIAU


A. TEMA LOMBA
Tema :
"Inovasi Intelektual Kampus Melalui Pengembangan Sains Tepat Guna Menuju Kesejahteraan Bangsa Indonesia"

Sub Tema yaitu :
  1. Energi Terbarukan
  2. Sains dalam Mengatasi Masalah pada Kesehatan
  3. Sains dalam Pengembangan Pendidikan
  4. Sains dalam mengatasi masalah Pangan
  5. Teknologi
  6. Peranan Sains menuju Pertanian yang lebih unggul

B. PERSYARATAN PESERTA
Adapun persyaratan peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah, yaitu sebagai berikut :
  1. Peserta merupakan mahasiswa aktif (D3/S1) di Perguruan Tinggi se Sumatera yang dibuktikan dengan mengirimkan formulir beserta scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  2. Peserta berupa tim yang terdiri dari 3-5 orang dengan 1 orang sebagai ketua yang berasal dari perguruan tinggi yang sama.
  3. Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menjadi juara di tingkat Nasional.
  4. Peserta membaca dan mengikuti setiap mekanisme perlombaan serta mengikuti tata aturan penulisan.

C. SIFAT DAN ISI TULISAN
Sifat dan isi tulisan haruslah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Objektif
    • Tulisan berisi gagasan kreatif yang menawarkan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat.
    • Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasalahan subjektif.
    • Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya.
    • Bersifat asli (bukan karya jiplakan)
  2. Logis dan Sistematis
  3. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis

D. MEKANISME PENDAFTARAN
Adapun mekanisme pendaftaran peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa yakni sebagai berikut :
  1. Setiap peserta mengisi formulir pendaftaran yang dapat di upload melalui website mipaexpo.bemfmipaur.org, kemudian formulir yang telah diisi lengkap dan ditandatangani dikirim via email ke ur.bemfmipa@gmail.com beserta scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  2. Setiap peserta mengirimkan abstrak/ringkasan yang merupakan inti dari Karya Ilmiah yang diajukan via email ke ur.bemfmipa@gmail.com dengan format judul subject: Nama Ketua_Judul_Universitas yang dikumpulkan paling lambat pada tanggal 18 Pebruari 2014.
  3. Peserta yang lolos seleksi abstrak mengirimkan karya tulis lengkap via pos/jasa pengiriman ke sekretariat BEM FMIPA Universitas Riau Kampus Bina Widya Jalan HR Subrantas KM 12,5 beserta fotokopi bukti transfer biaya registrasi sebesar Rp 150.000,00 yang dikirimkan ke Rekening panitia dengan Rek. Number: Bank BNI  0209184059 Atas Nama : Rany Amalya Augustin.

E. PEMBIMBING
Bagi mahasiswa yang lolos abstrak/ringkasan, berhak mengirimkan Karya Tulis Ilmiah yang mana Karya Tulis ini dibimbing oleh dosen pembimbing yang dibuktikan dengan lembar pengesahan.


PANDUAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA

A. SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:
  • Halaman Judul
  • Lembar Pengesahaan
  • Lembar Pernyataan
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Abstrak
  • Bab I Pendahuluan
  • Bab II Pembahasan
  • Bab III Kesimpulan
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran

Penjelasan Struktur Karya Tulis
  1. Judul
  2. Judul tulisan hendaklah singkat, jelas, dan ekspresif, artinya cukup jelas menggambarkan isi tulisan.
  3. Lembar Pengesahan
  4. Lembar pengesahan disesuaikan dengan format yang telah tersedia berdasarkan margin yang telah ditetapkan.
  5. Lembar Pernyataan
  6. Lembar pernyataan memuat pernyataan bahwa tulisan yang diikutsertakan merupakan hasil karya kelompok yang sifatnya orisinil, bukan kutipan, dan terjemahan. Pernyataan ini ditandatangani oleh ketua penyusun dan pembimbing.
  7. Kata Pengantar
  8. Daftar Isi
  9. Abstrak
  10. Abstrak berisi tidak lebih dari 250 kata (maksimum 1 halaman) dan merupakan intisari seluruh tulisan yang meliputi latar belakang, tujuan, metode dan hasil.
  11. Pendahuluan
  12. Merupakan gambaran umum dari observasi awal dan fenomena mengenai topik yang diangkat. Pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan kegiatan, serta manfaat gagasan ataupun kegiatan.
  13. Tinjauan Pustaka
  14. Tinjauan Pustaka menguraikan teori, temuan, dan bahan penelitian lain yang diperoleh dari pustaka acuan. Dalam penyusunan tinjauan pustaka diusahakan mengacu pada pustaka terbaru, relevan, dan asli dari jurnal ilmiah, artikel ilmiah, tetapi bukan kutipan dari blog terkait. Uraikan dengan jelas kajian pustaka yang melandasi timbulnya ide serta gagasan. Tinjauan Pustaka mengacu pada daftar pustaka. Jadi, tinjauan pustaka bukan kumpulan teori, namun merupakan rangkaian teori yang mempunyai sebuah atau beberapa alur pikir tentang terjadinya suatu peristiwa ilmiah (mechanism of action) dari suatu topik ilmiah yang dikaji.
  15. Metode Penelitian
  16. Secara umum, metode berisi tentang bagaimana eksperimen, observasi, atau pengamatan dilakukan termasuk waktu, lama, dan tempat dilakukannya kegiatan tersebut, bahan dan alat yang digunakan, metode untuk memperoleh data/informasi, serta cara pengolahan data dan analisis yang dilakukan. Metode harus dijelaskan secara lengkap agar peneliti lain dapat melakukan uji coba ulang. Acuan (referensi) diberikan pada metode yang kurang dikenal.
  17. Hasil dan Pembahasan
  18. Bagian ini menjelaskan tentang apa saja yang diperoleh dari observasi. Data dapat diringkas dalam bentuk tabel dan gambar. Tidak ada spekulasi dan interpretasi dalam bagian ini, yang ada hanya fakta. Umumnya berisi uraian dan analisis berkaitan dengan temuan-temuan dari eksperimen, observasi, atau pengamatan yang telah dilakukan, terutama dalam konteks yang berhubungan dengan apa yang pernah dilakukan oleh orang lain. Interpretasi dan ketajaman analisis dari penulis terhadap hasil yang diperoleh dikemukakan di sini, termasuk pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari hasil eksperimen, observasi, atau pengamatan serta dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi penelitian mendatang. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan, perbedaan dan persamaan dari hasil pengamatan terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka (penelitian terdahulu) perlu mendapatkan catatan disini.
  19. Kesimpulan
  20. Kesimpulan merupakan bagian akhir tulisan yang membawa pembaca keluar dari pembahasan. Secara umum kesimpulan menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan.
  21. Daftar Pustaka
  22. Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan. Format perujukan pustaka untuk mengikuti cara Hardvard. Berikut contoh penulisan daftar pustaka berdasarkan cara Hardvard. Riley, F. 2006. Mathematical method for physics and engineering. New York : Cambridge University
            Press. Bradt, H., Henry, P., & Edison, T. 2004. Astronomy method a physical approach to astronomical
            observation. New York: Cambridge University Press. Hudson, P. 2009. Learning to teach science using English as a medium of instruction. Eurasia
            Journal of Mathematics, Science, and Education. Vol. 5(2), 165-170. Australia:
            Queensland University of Teachnology. Morse SS. Factors in the emergence of infectious disease. Emerge Infect Dis [serial online] 1995
            Jan-Mar; 1(1):[24 screens]. Available from: URL: http://www/cdc/gov/ncidoc/EID/eid.htm.
            Accessed December 25, 1999.
  23. Lampiran
  24. Pada bagian ini berisikan beberapa poin, seperti:
    1. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta dan dosen pendamping, mencakup :
      • Nama lengkap,
      • NIM/ Fakultas/ Jurusan/ Tahun,
      • Tempat dan tanggal lahir,
      • Alamat,
      • E-mail/ nomor handphone,
      • Karya-karya ilmiah yang pernah dipublikasikan,
      • Penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
      Form ini nantinya ditandatangani oleh yang bersangkutan.
    2. Lampiran lain jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.
    B. PERSYARATAN PENULISAN
    1. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia maksimal 15 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
    2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll, sbb, dan sebagainya.
    C. PENGETIKAN
    1. Tata Letak
      • Karya tulis diketik 1,5 spasi pada kertas ukuran A4 (font 12, Times New Roman Style)
      • Batas pengetikan
      • Atas    : 3 cm
        Bawah   : 3 cm
        Kiri    : 4 cm
        Kanan   : 3 cm
      • Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab, dan perinciannya :
        1. Jarak pengetikan antara judul bab dan sub-bab 3 spasi, sub-bab dan kalimat di bawahnya 1 spasi.
        2. Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas dan tanpa digarisbawahi.
        3. Judul sub-bab ditulis dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali untuk kata-kata tugas seperti yang, dari, dan.
        4. Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah ditulis seperti pada butir (3) di atas lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.
    2. Pengetikan Kalimat
    3. Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 1 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpa diberi tanda petik.
    4. Penomoran Halaman
      • Bagian pendahuluan yang meliputi halaman judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka romawi kecil, dan diketik sebelah kanan bawah (nomor halaman i, ii, dan seterusnya).
      • Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik di tepi kanan bawah (nomor halaman 1, 2, dan seterusnya).
    PENILAIAN Penilaian karya tulis Ilmiah beserta presentasi dapat diperhatikan pada tabel pada lembar berikut. Berdasarkan pada rubrik penilaian Karya Tulis maupun presentasi, maka dalam lomba ini bobot masing-masing penilaian ditetapkan, yaitu 60% dari nilai total Karya Tulis dan 40% dari nilai total presentasi. Dengan demikian, nilai total lomba karya tulis Ilmiah Mahasiswa. Ntotal = (60% x Nt naskah) + (40% x Nt presentasi) Ini adalah : Pemenang adalah nilai para finalis yang tertinggi setelah diakumulasikan.
Tanggal Penting:
  1. Pengiriman Abstrak : 18 Januari - 18 Februari 2014
  2. Pengumuman Peserta yang Lolos Abstrak : 21 Februari 2014
  3. Pengiriman LKTI dalam bentuk hardfile sebanyak 3 rangkap dan softife dalam bentuk CD : 22 Februari - 7 Maret 2014
  4. Presentasi LKTI : 13 Maret 2014
  5. Final (Analisa problem) : 14 Maret 2014.
Download file formulir pendaftaran di sini DOWNLOAD [mirror]

 
Copyright © 2017