Closing Ceremony MIPA EXPO VIII Tahun 2014

"SMA Plus Provinsi Riau kembali merebut juara umum".

Pekanbaru - Perhelatan acara Mipa Expo VIII tahun 2014 yang diadakan pada tanggal 10-15 Maret 2014 di kampus Ungu FMIPA Universitas Riau berakhir pada acara penutupan yang diadakan pada hari Sabtu (15/3) di ruang Auditorium gedung kuliah FMIPA Universitas Riau dengan acara akhir pengumuman pemenang juara 1,2,3,harapn 1,2 dan 3 Olimpiade Sains Siswa dan Olimpiade Sains Mahasiswa (OSS & OSM) juga pengumuman berbagai kompetisi perlombaan selama acara berlangsung 5 hari tersebut. 

SMA Plus Provinsi Riau kembali membawa piala umum bergilir MIPA EXPO VIII pada tahun ini.

Acara yang berlangsung sejak pukul 08.30 WIB ini juga dihadiri oleh Ibu Dr.Minarni,MSC selaku Pembantu Dekan I (PD I), Pak Khairijon selaku PD III, juga kepala-kepala jurusan dan dosen-dosen di lingkungan FMIPA Universitas Riau. Mipa Expo VIII tahun 2014 yang mengusung tema 'Green Harmony of Science' ini telah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Terlihat dari banyaknya perubahan struktural kompetisi dan juga inovasi. Misalnya dari regional pelaksanaannya yang tahun-tahun sebelumnya hanya di daerah Riau saja, kini telah merambah luas menjadi regional X Sumatera. Hal ini tidak lain tidak bukan atas permintaan dari bapak dekan FMIPA Universitas Riau Sendiri, yaitu bapak Dr. Adel Zamri, MS,DEA. Atas dukungan dan apresiasi inilah, maka Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA Universitas Riau menyanggupi dan bekerja sepenuh hati memenuhi target besar ini.

Ibu Dr. Minarni, MSC dosen Fisika selaku Pembantu Dekan I yang mewakili bapak dekan FMIPA UR yang tidak bisa berkesempatan hadir menyampaikan, "Mipa Expo telah menjadi besar setiap tahunnya. Tumbuh dewasa maka akan semakin matang dalam agendanya. Segala bentuk kegiatan yang ada dalam Mipa Expo ini, kami selaku pihak dari dekanat sangat mendukung dan mengapresia semuanya. Walau kita melihat kondisi Riau saat ini sedang dalam musibah asap, tetapi tidak menyurutkan niat mahasiswa/i dan pelajar, pemuda penerus bangsa untuk terus berkarya dan berprestasi. Maka untuk itu jadilah yang terbaik dan menjadi lebih baik kedepannya".

Alhamdulillah, antusiasme peserta dari tiap-tiap sekolah SMA/SMK/MA se-derajat di wilayah regional X mendapatkan hasil yang melebihi target dari tahun sebelumnya, yaitu mencapai lebih dari 2000 peserta yang mendaftar baik melalui media online di web Mipa Expo mipaexpo.bemfmipaur.org atau langsung datang ke sekretariat BEM FMIPA UR.

"Pencapaian pada tahun ini tidak lain tidak bukan adalah kerjasama yang baik dari semua panitia yang telah bekerja keras. Pencapaian ini juga tidak akan tercapai lebih jika tidak dibantu juga dengan media online. Karena jika kita hanya mengandalkan pada formulir yang disampaikan kepada setiap sekolah-sekolah atau manual, itu kami tidak akan pernah tau prediksi peserta seluruhnya yang mendaftar. Alhamdulillah, sampai akhir acara semua berjalan lancara. Hasil dari OSS & OSM pun juga dapat diterima oleh peserta." Ujar Arief Sanjaya jurusan Matematika, Coordinator Olimpiade yang kami temui diakhir acara.

Acara closing ceremony ini juga dihadiri oleh ratusan orang baik peserta dari anak-anak sekolah, ibu/bapak guru, juga para mahasiswa yang menyesaki ruangan auditorium FMIPA UR ini. Acara puncak yang ditunggu-tunggu pastilah pada pembagian hadiah. Maka untuk tahun ini pemenang yang membawa piala bergilir adalah, dari bidang Islmic Sciencetific Olimpied (ISO), bidang Kimia, bidang Spektra Fisika (Fisika), dan Biologi dibawa pulang oleh SMA Plus Provinsi Riau. SMA Darma Yudha Pekanbaru membawa 1 piala pulang dari bidang Gebyar Matematika. SMAN Pintar Teluk Kuantan membawa    2 piala tahun ini dari bidang Geologi dan Astronomi. Dan terakhir SMAN 8 Pekanbaru membawa 1 piala bergilir pulang yaitu dari bidang Information Technologi Competition (ITC). Dengan hasil perolehan piala tahun ini, maka SMA Plus Provinsi Riau berhak membawa pulang kembali piala bergilir umum MIPA EXPO VIII tahun 2014. Tidak hanya pemberian hadiah pemenang OSS & OSM, juga dibagikan pemberian hadiah kepada pemenang lomba-lomba selama acara Mipa Expo dan penganugerahan Mipa Award kepada dosen-dosen terbaik dilingkungan FMIPA Universitas Riau.s

Melihat dari statistik perolehan piala ataupun juara tahun-ketahunnya perhelatan Mipa Expo, jelas terlihat jelas ada perubahan yang cukup banyak dan tetap. Jika melihat SMA Plus Provinsi Pekanbaru yang kembali mendominasi ini merupakan hal yang wajar karena tiap tahunnya mereka terus masuk nominasi. Kita juga dapat persaingan ketat di tampilkan oleh SMAN 8 Pekanbaru, SMA Darma Yudha dan pesaing baru dari SMAN Pintar Teluk Kuantan.

Suksesnya acara Mipa Expo VIII tahun ini juga tidak lain dari kerjakeras dan profesionalisme kerja dari tim panitia pelaksana Mipa Expo itu sendiri. Dadhe Riawan jurusan FISIKA selaku ketua panitia Mipa Expo VIII tahun 2014 yang kami temui diakhir acara berkomentar "Saya bangga atas kerjakeras semua rekan-rekan panitia Mipa Expo. Semua kontribusi baik tenaga, materi, pikiran dan doa adalah dukungan yang sangat dibutuhkan dalam tim ini. Saya rasa masih banyak kekurangan dalam acara ini, namun alhamdulillah kami dapat memberikan yang terbaik pada semuanya. Terimakasih atas semuanya. Sukses!". Ujarnya dengan senyum lebar sebagai ciri khasnya. 

Dadhe Riawan selaku ketua Panitia Pelaksana saat memberikan hadiah kepada peserta pemenang olimpiade sains siswa.

Ketua BEM FMIPA Universitas Riau, pemilik nama lengkap Dwi Adari Nugraha jurusan Biologi pun juga ikut berkomentar atas acara ini, "Program Mipa Expo adalah salah satu acara terbesar di FMIPA yang menjadi proker dari BEM itu sendiri. Alhamdulillah pada tahun ini, dari mulai awal pembentukan panitia, perencanaan, kesiapan dan kerjasama yang baik antar lembaga & LSO juga dukungan penuh dari pihak dekanat FMIPA UR, kita dapat menjalankan acara ini dengan baik dan lancar". Ujar si pemilik tinggi badan 175cm dan hobby survival ke dalam hutan ini. 

Dwi Adari Nugraha selaku ketua BEM FMIPA UR saat memberikan hadiah kepada peserta pemenang olimpiade sains siswa.

Akhirnya acara penutupan pada Sabtu (15/3) itupun selesai sekitar pukul 12.00. Semoga dalam acara Mipa Expo VIII tahun 2014 kali ini dapat memberikan kontribusi yang baik dalam bidang sains kedepannya khususnya para peserta lomba dan masyarakat pada umumnya. Segala karya dan prestasi yang telah dihasilkan pada event kali ini semakin membuat siswa-siswi lebih giat lagi dalam belajar, menciptakan hal-hal baru dan siap berkompetisi pada ajang selanjutnya. Akhirnya, selamat kepada semua pemenang yang berhasil juara dan terimakasih pada semua pihak yang telah banyak membantu susksesnya acara ini. Sampai bertemu tahun depan di Mipa Expo IX tahun 2015!.*

(Hendra SID / Panpel Mipa Expo VIII).
SMA Plus Provinsi Riau berhasil menyabet 4 piala bergilir pada tiap olimpiade sains siswa dah berhak membawa pulang piala bergilir umum MIPA EXPO VIII tahun 2014 tahun ini.

Foto bersama pemenang olimpiade sains siswa, panitia dan dosen.























Copyright © 2017