Kontes Teknologi Tepat Guna, 'Inovasi Ramah Lingkungan'.

Pekanbaru - Salah satu event sains di acara Mipa Expo yang memperkuat kampus Mipa Expo adalah Teknologi Tepat Guna. Kontes yang dilaksanakan pada hari Rabu (12/3) di pelataran gedung kuliah FMIPA UR mendapat antusias yang sangat banyak dari penonton dan pendukung dari sekolah mereka masing-masing.

Peserta Teknologi Tepat Guna kali ini datang dari berbagai sekolah yang menampilkan hasil karya mereka. Adapun peserta yang ikut dalam acara ini yaitu kelompok yang berasal dari SMA N 1 PEKANBARU  dengan karya 'Perangkap nyamuk sederhana berbasis ramah lingkungan', SMA N 1 PEKANBARU dengan karya 'Backsonar sebagai alat bantu tunanetra', SMA N 1 PEKANBARU dengan karya 'Halidiscopter teknologi ramah lingkungan', SMA N 14 PEKANBARU dengan karya 'Lulur Biji Nangka Aroma Terapi', SMA N 14 PEKANBARU dengan karya 'Rumah apung anti banjir', SMA IT  AL-ATTIHAD dengan karya 'Kajian potensi Penggunaan sampah  botol air mineral menjadi air', MAN 2 MODEL PEKANBARU 'ka-pressor solusi masa depan', MAN 2 MODEL PEKANBARU 'Pemanfaatan Limbah Logam Sebagai Bahan Elektroda Pengganti untuk Menghasilkan Energi Alternatif'. PAda lomba Teknologi Tepat Guna ini ada tiga juri yaitu Dr. Roza elvyra, M.si, Pepi Helza Yanti, dan M.si, Dr. Awitdrus,M.si.




Sistem penilain Teknologi Tepat Guna ini terdiri atas dua jenis bentuk penilaian, yaitu Penilaian Makalah dengan Penilaian  Demonstrasi Alat Teknologi. Masing-masing berbobot 35% dan 65% dari keseluruhan nilai. Selanjutnya, penilaian makalah dan demonstrasi alat teknologi akan di akumulasikan,dan nilai akumulasi ini merupakan nilai total yang diperoleh setiap tim peserta kontes Teknologi Tepat Guna.

Acara yang di mulai pukul 08.00 WIB dan pengarahan perakitan hingga pukul 09.30 WIB. Kemudian sesi presentasi selesai pukul 10.10 WIB, serta demonstrasi selesai  pada pukul 11.15 WIB berjalan dengan lancar.  Acara seperti  kontes Teknologi Tepat Guna ini memang perlu dilaksanakan oleh berbagai pihak, terutama lomba untuk kontes Teknologi Tepat Guna siswa. Karna untuk mengasah kemampuan kreativitas dan inovasi siswa/i yang didukung oleh pemahaman ilmu sains untuk memecahkan permaslahan dalam masyarakat. Sehingga dihasilkan karya-karya teknologi yang merupakan jawaban dari  permasalahan di masyarakat itu. Selain itu, melalui media perlombaan ini, kita dapat mengapresiasi karya-karya saintis muda, terutama siswa/i SMA.

Tujuan KTTG adalah untuk menctak saintis muda yang kreatif dan mampu berkarya dalm teknlogi tepat guna untuk memecahkan permasalahan di masyarakat, tutur Nur Wahyu Tri Mayang Sari & Romi Fadli Syahputra sebagai CO panitia acara Teknologi Tepat Guna. Pengumuman hasil pemenang lomba akan dilakukan pada hari Sabtu (15/3) sekaligus acara penutupan Mipa Expo VIII tahun 2014.

(Hendra SID / Panpel Mipa Expo VIII).
Copyright © 2017