Lomba Masak, "Ubi Ungu Jadi Menu Ala Eropa"

Pakanbaru - Bertempat di lapangan depan Dekanat FMIPA Universitas Riau, di bawah pohon yang rindang, pada hari Rabu (13/3) bertanding 8 kelompok dari jurusan-juran yang berbeda dalam kontes Masak Daerah. Pada kontes masak ini menggunakan bahan wajib Ubi Ungu yang membuat para peserta harus berfikir keras untuk mengolah bahan Ubi Ungu menjadi berbagai kreasi makanan.

Adapun delapan peserta yang bertanding adalah Kelompok 1 dari BLM FMIPA UR, Kelompok 2 dari ALKAMIL, Kelompok 3 dari HIMASKA, Kelompok 4 HIMABIO, Kelompok 5 gabungan dari KPAMC dan BEM FMIPA UR, Kelompok 6 dari HIMAKI, Kelompok 8 dari HIMAFI.



Pada kontes masak yang hanya berlangsung selama 3 jam ini, para peserta ada yang membuat menu masakan, ada juga yang membuat menu kue. Pada awal memang belum bisa ditebak akan menjadi menu apa yang diolah para peserta. Namun pada akhirnya kontes yang didominasi oleh kalangan ibu-ibu ini benar-benar membuat suatu menu kue dengan tampilan Eropa!.

Disela kontes Hariati jurusan Kimia angkatan 2013 CO lomba Masak Daerah yang ditemui berkomentar, ia cukup kaget tidak menyangka jika di kampus Ungu ini (FMIPA UR), banyak pemilik bakat-bakat terpendam dari diri mereka. Menu yang dihasilkan diluar dugaan, mereka benar-benar membuat kontes Masak Daerah ini bukan sekedar Masakan Daerah, tetapi sudah Internasional. Ujarnya.

Kontes yang dimulai dari jam 14.00 WIB ini juga dihibur oleh penampilan Lomba Akustik, karena pada hari yang sama berbarengan. Antusiasme penonton sangat terlihat jelas mendukung kelompok-kelompok masak mereka. Jalannya lomba sangat seru. Ada beberapa kelompok yang para kokinya itu dari kalangan bapak-bapak (mahasiswa). Kelompok yang beranggotakan 5 orang tersebutmeskipun 1 orang wanita dan 4 orang lainnya pria, tetapi mereka berhasil menyuguhkan menu masakan yang membuat para penonton menyukainya.

Jalannya lomba juga sempat tidak terkontrol oleh panitia. Bukan dari peserta yang tidak bisa dikontrol, tetapi penonton sendiri. Batas pada area lomba sebenarnya sudah ada, tetapi beberapa dari mereka nekat masuk ke dalam untuk mencoba menyicipi. Tidak kalah sigap, panitia segera memagar area lomba dengan batas tali, dan penonton hanya boleh menonton dari jarak 2 meter.

Pada akhir perlombaan, penjurian dilakukan di dalam ruang biro dekanat FMIPA UR. Bertindak sebagai juri adalah Kepala Jurusan Biologi, Ibu Dr.Roza Elvyra, M.Si dan ibu Dasmawati Kasubag Kemahasiswaan. Ibu Roza yang kami wawacarai disela penjurian menilai, bahwa menu masakan yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswinya sudah sangat bagus. Tidak menyangka jika menu yang dihasilkan penuh dengan kreasi dan keanekaragaman. Tampilan ala-ala Eropa terlihat dari menu yang dibuat. Ada juga menu masakan yang betul-betul Indonesia banget.


Sistem penilaian meliputi orientalitas, cita rasa, kebersihan dan kreasi. Untuk pengumuman lomba Masak Daerah ini akan diumumkan pada hari Sabtu (15/3) pada hari terakhir atau penutupan Mipa Expo yang diadakan di Auditorium FMIPA Universitas Riau. (*** Hendra SID / Panpel Mipa Expo VIII).
Copyright © 2017