Pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah

Pekanbaru - Salah satu lomba yang tidak pernah meninggalkan ciri khas ke sainstisnya pada Mipa Expo VIII tahun 2014 kali ini adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diadakan pada hari Jum'at (14/3) siang di salah satu ruang pertemuan dekanat FMIPA Universitas Riau.

Dari semua karya yang masuk dalam LKTI ini tersaring 3 terbaik menuju final dari tiap Universitas berbeda di Regional X wilayah Sumatera.

Jalannya lomba sengit terjadi dengan adu presentasi dan keilmiahan karya yang disajikan. Dewan juri harus dengan jeli menilai yang mana yang terbaik dari bertiga ini. Kriteria penilaian lomba yang sangat ketat tentu sudah dipelajari oleh peserta sehingga merekapun mepersiapkan dengan sebaik mungkin.

Namun akhirnya tetap harus ada pemenang dalam kompetisi ini. Pemenang pertama jatuh pada Universitas Riau yang beranggotakan Fera Anggelina, Winda Nurwidya, dan Reza Umami dengan judul KTI 'Penumbuhan Nanopartikel ZnO diatas FTO sebagai Elektroda Kerja Sel Surya Fotoelektrokimia'.

Pemenang kedua jatuh pada Pendidikan Teknologi Kimia Industri, Sumatera Utara yang beranggotakan Fitri Apriani Samosir, Liberty Santoso Tambunan, Marth Christian Siahaan, dan Samuel Heriantodengan judul KTI 'Inovasi Teknologi Isolasi Minyak Nilam (Patchouli Oil) dengan Metode Fermentasi Menggunakan Rhizopus s.p'.

Pemenang ketiga jatuh pada Universitas Andalas, Sumatera Barat yang beranggotakan  Fauzia Noprima Okta, Rezka Fajar Ramadhan, Fitria Lavita Agresa, Intan Nedia Putri, dan Lakmi Nurul Suci, dengan judul KTI 'Jelly Anti Diare dari Limbah Kulit Pisang (Musa Paradisiaca)'.

Selamat kepada pemenang LKTI tahun ini. Teruslah berprestasi dalam bidang sains dan jadilah yang terbaik dan lebih baik. Kami harapkan pada kompetisi Mipa Expo tahun depan, kami menemukan juara-juara baru.
Terimakasih sebesar-besarnya pada peserta dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk hadir dalam Mipa Expo VIII tahun ini. Semoga tahun depan dapat ikut lagi dan dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Kami hargai perjuangan teman-teman dari provinsi lain, jauh-jauh datang demi ikut mengsuseskan acara Mipa Expo VIII tahun 2014 kali ini.

(Hendra SID / Panpel Mipa Expo VIII).


Copyright © 2017