Pesona Sains, "SMA 8 Mendominasi"

Pekanbaru - Pesona Sains yang biasa dikenal dengan cerdas cermat pada Mipa Expo kali ini menjadikan event yang setiap tahunnya dengan jumlah peserta yang cukup banyak. Jumlah peserta pada tahun ini diikuti oleh 30 tim yang terdiri dari SMKN 2 Pekanbaru yang terbagi atas 2 tim, SMA Darma Yudha terbagi atas 2 tim, SMAN Plus Prov.Riau mengutus 1 tim, Sekolah Al-Ittihad mengirim 3 tim, Babusalam mengirim 2 tim, MAN 2 Model terbagi 3 tim, SMAN 14 Pekanbaru mengutus 2 tim dan terakhir SMAN 8 mengirim utusan terbanyak yaitu mengirim 13 tim.



 


Perlombaan yang diadakan hari Selasa (11/3) ini yang ditargetkan selesai pada hari itu juga, tapi sejak pagi sampai sore tidak selesai. Terkendala oleh waktu sehingga babak semifinal sesi ke-3 dan final harus dilanjutkan pada hari Rabu (12/3) yang kembali dimulai pada jam 08.30 WIB pagi dan selesai siang hari.

Adapun yang bertindak sebagai dewan juri, pada hari Selasa (11/3) Dewan juri ada Pesona Sains kali ini Dr. Iwan Tono, M.Phil, Dr.Sri Genawati, M,Si., Riryn Novianti, M.Si., Fitrawati, M.Si., dan dewan juri pada hari Rabu (12/3) masih Dr. Iwan Tono, M.Phil, Dr.Sri Genawati, M,Si., Riryn Novianti, M.Si. kemudian ditambah Ibu Dr.Meyta Nova Isda, M.Si.

Semifial diambil dari 15 tim, dilaksanakan dalam 3 sesi, masing-masing sesi terdiri dari 5 tim. Adapun untuk jenis soal, pertama ada soal wajib, terdiri dari 10 soal. Soal rebutan terdiri dari 10 soal yang terus meningkat 10 point setiap soalnya.

Tim yang masuk semifinal pada sesi pertama, yaitu persaingan antara SMA Darma Yudha (tim A), SMAN 8 Pekanbaru (tim B), SMAN Plus Prov.Riau (tim D), SMAN Darma Yudha (tim E). Sesi pertama ini dimenangkan oleh tim B dari SMAN 8 Pekanbaru. Pada sesi kedua, yaitu persaingan antar SMAN 8 Pekanbaru mulai dari tim A sampai tim E. Tentu saja yang maju kebabak semifinal adalah dari SMAN 8 Pekanbaru dari tim D. Pada sesi ketiga tim A dari SMAN 2 Model dan tim B sampai tim E dari SMAN 8 Pekanbaru. Pada sesi ketiga inipun yang lolos kebabak semifinal adalah dari tim B yang berasal dari SMAN 8 Pekanbaru.

Lolosnya ketiga tim yang berasal dari SMAN 8 Pekanbaru ini membuat persaingan menjadi antar kelas. Tim A yang beranggotakan Audris Kenny Tedra, Cristian Angga Jumawan, Farhan Reza Gumay adalah siswa yang duduk di kelas 12. Tim B yang beranggotakan Gilang Teguh Pratama, Thomson Lee, Chelvin Romaretho adalah dari kelas akselerasi. Tim C yang beranggotakan Stephace T.R, Nabil Fadel, Aaron Syahronitua adalah siswa dari kelas 11.

Persaingan ketiga tim dari satu sekolah yang sama ini berlangsung ketat dan meriah. Antusias dari penonton yang menyaksikan berlangsungnya acara sangat bersemangat untuk mensupport mereka. Namun akhirnya, Tim B dengan skor akhir 185 keluar sebagai juara pertama setelah menumbangkan Tim A dengan skor 45 dan Tim C dengan skor akhir -15. Maka Tim B berhak menjadi pemenang.

Diakhir acara, pak Iwantono yang kami temui berpendapat bahwa, "acara Pesona Sain kali ini walaupun dari penonton sendiri itu tidak banyak dikarenakan kampus lagi libur, namun antusias dari peserta itu sendiri sangat besar. Soal-soal yang disajikanpun sangat beragam dan membuat siswa harus menjawab dengan benar. Namun demikian Mipa Expo kali sudah baik, tapi tetap harus lebih ditingkatkan lagi." ucapnya dengan senyum sebagai ciri khasnya. CO panitia yang kami temui pada saat sesi terakhir juga kami tanyakan pendapat, yaitu Devi dan Nelvi mereka berpendapat bahwa acara Pesona Sains kali ini sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Meskipun ada kekurangan itu adalah hal wajar.
 
Pemberian hadiah akan dilaksanakan hari Sabtu (15/3) di Auditorium FMIPA Universitas Riau dan juga sekaligus penutupan acara Mipa Expo.

(Hendra SID / panpel Mipa Expo VIII)
Copyright © 2017