PETUNJUK TEKNIS MIPA EXPO IX TAHUN 2015

BIDANG AKADEMIK

KETENTUAN KONTES TEKNOLOGI TEPAT GUNA
A. DESKRIPSI PERLOMBAAN
          Kontes Teknologi Tepat Guna merupakan wadah apresiasi terhadap karya-karya teknologi siswa/i SMA sederat. Hasil karya berteknologi ini merupakan solusi praktis dari permasalahan yang timbul di masyarakat atau merupakan pengembangan dari perangkat berbasis teknologi yang telah ada. Karya teknologi ini lebih menonjolkan pada sisi ketepatan gunanya.
Kontes Teknologi Tepat Guna Mipa Expo IX 2015 kali ini mengusung tema “Teknologi Berbasis Sains Sebagai Energi Alternatif”.

B. KETENTUAN UMUM
1. Peserta Kontes Teknologi Tepat Guna merupakan Siswa SMA/MA atau sederajat kelas X dan             XI se Riau – Kepulauan Riau yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah.
2. Peserta wajib membawa fotokopi Kartu Tanda Pelajar atau tanda pengenal siswa sejenis.
3. Peserta wajib menyertakan pernyataan orisinalitas karya.
4. Peserta merupakan tim yang terdiri dari 3-5 siswa. Diutamakan dari tingkatan kelas yang                     berbeda. Pihak sekolah dapat mengutus lebih dari 1 tim.
5. Pendaftaran dapat dilakukan langsung ke sekretariat kepanitiaan MIPA EXPO 2015 BEM                   FMIPA Universitas Riau.
6. Pendaftaran dimulai pada 10 Januari 2015 dan ditutup pada 2 Maret 2015.
7. Pengiriman full makalah Kontes Teknologi Tepat Guna dan dalam bentuk soft copy & hard                 copy paling lambat 5 Maret 2015 pukul 17.00 ke sekretariat kepanitiaan MIPA EXPO 2015                 BEM FMIPA Universitas Riau.
8. Peserta membuat pernyataan orisinalitas karya Teknologi Tepat Guna & Poster.
9. Peserta tidak dapat diwakili/diganti oleh orang lain yang bukan menjadi anggota timnya.
10. Peserta yang mengikuti Kontes Teknologi Tepat Guna diwajibkan membayar biaya pendaftaran         sebesar Rp. 180.000,00.
11. Peserta diharuskan mengikuti technical meeting pada waktu yang telah ditentukan.
12. Hasil dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

C. KETENTUAN KHUSUS
a. Mekanisme Perlombaan
        1. Peserta wajib berpakaian sekolah masing-masing dengan rapi dan sopan.
        2. Peserta hadir 30 menit sebelum perlombaan dimulai dan mempersiapkan perlengkapan                         yang diperlukan.
        3. Peserta mendemonstrasikan/memperagakan cara kerja alat teknologinya dan                                         menyampaikan keunggulannya dihadapan dewan juri.
b. Penilaian
  Penilaian akan mengacu pada ketepatgunaan, desain bangun, efesiensi dan penyampaian/presentasi tim.
c. Deskripsi Pemenang
         Para pemenang adalah peserta Kontes Teknologi Tepat Guna yang memperoleh nilai tertinggi dari hasil penilaian dewan juri.

D. ATURAN PENULISAN MAKALAH
       a. Penulisan menggunakan ukuran huruf 12, Times New Roman dan batas rata kiri 4 cm, rata                 kanan 3 cm, rata atas 4 cm dan rata bawah 4 cm.
        b. Halaman muka/cover (lihat lampiran 1)
        c. Lembar pengesahan
        d. Pernyataan orisinalitas
        e. Kata pengantar
Kata pengantar dari penulis, termasuk ucapan terima kasih.
        f. Daftar isi
Berisi daftar isi dan daftar lain yang diperlukan, seperti daftar gambar, daftar tabel dan                       lampiran.
        g. Pendahuluan
Latar Belakang yang berisi ulasan dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk ditelaah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, mengandung pertanyaan yang akan dijawab oleh penulis, tujuan dan manfaat yang ingin dicapai, dan batasan masalah.
        h. Landasan teori
Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pemecahan. masalah yang pernah dilakukan.
        i. Metode penulisan
Penulisan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat prosedur pengumpulan data dan informasi, analisis-sintesis, mengambil kesimpulan dan merumuskan rekomendasi.
        j. Hasil dan pembahasan
Analisis permasalahan didasarkan pada data dan informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan kreatif, kesimpulan harus konsisten dengan analisis batasan masalah, saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi dan kelebihan dan keterbatasan alat.
        k. Daftar pustaka
        l. Daftar riwayat hidup (CV)
       m. Lampiran.
Copyright © 2017